4 Dosa Perempuan Yang Akan Ditanggung Jawabkan Laki - Laki

4 Dosa Perempuan Yang Akan Ditanggung Jawabkan Laki - Laki

Agama Islam - Kita sebagai manusia takkan dapat lari dari Qadha dan Qadhar dari Allah. Nyawa dan jasad ini hanya dipinjamkan oleh-Nya. Suatu hari nanti pasti kita akan kembali menghadap yang Esa. 

Saat meninggal kita akan berada di alam kubur dan menunggu hari penghisaban, saat hari akhir itu datang benarkah bahwa lelaki diminta pertanggung jawaban atas 4 hal: istrinya, ibunya, anak perempuannya & saudara perempuannya ? 


Dikutip dari salamdakwah, di jawab oleh Ust. Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc,MA . Sepengetahuan beliau tidak ada dalil khusus dari ayat Al-Quran maupun Hadits shohih yg berkenaan dengan tanggung jawab seorang laki-laki terhadap 4 wanita yaitu istrinya, ibunya, anak perempuannya & saudara perempuannya.

Yang ada hanyalah dalil-dalil syar'i secara umum, seperti Firman Allah ta'ala: 
(Ya ayyuhalladziina amanu quu anfusakum wa ahlikum naro) 
Artinya: "Hai orang - orang yang beriman jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari (siksaan) api neraka." (QS. At-Tahriim: 6)

Dan juga sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: 
(Kullukum ro'in wa kullukum mas-ulun 'an ro'iyyatihi) 

Artinya: "Setiap orang diantara kalian adalah pemimpin, dan masing masing dari kalian akan dimintai pertanggung jawaban (oleh Allah) tentang apa yg dipimpinnya."


Ayat dan Hadits ini menunjukkan tanggung jawab seorang laki-laki (suami, ayah, para imam dan pemimpin atau yg semisalnya) terhadap keluarganya dan siapa saja yang berada dalam tanggungannya dan menjadi bawahannya. Dan yang demikian ini bersifat umum, mencakup pria dan wanita.

Jadi, setiap manusia itu memang diciptakan sebagai imam, maka dari itu nanti disaat sudah datang waktunya kita akan mempertanggungjawabkan semua yang kita pimpin dan apa yang kita lakukan untuk apa yang kita pimpin semasa hidup di dunia. Wallahu A’lam.

0 Response to "4 Dosa Perempuan Yang Akan Ditanggung Jawabkan Laki - Laki"

Post a Comment